Pulau Siumat Menjadi Desa Digelarnya Perayaan HUT RI Ke-73 Tingkat Kecamatan Simeulue Timur

SINABANG | simtim.simeuluekab.go.id – Semangat kemerdekaan sangat terasa setiap tahunnya di bulan Agustus, tidak di pusat ataupun di propinsi, seluruh nusantara sangat antusias menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus. Tidak terkecuali di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan. Untuk tahun ini dan menjadi untuk kedua kalinya bagi Kecamatan Simeulue Timur menggelar upacara bendera pengibaran merah putih, yakni yang pertama di Desa Ganting pada 2016 lalu, dan kemudian untuk tahun ini di Desa Pulau Siumat, Jum’at (17/8/2018).

Peringatan HUT RI Ke-73 tahun 2018 Kabupaten Simeulue tingkat Kecamatan Simeulue Timur ini, berawal dari hasil musyawarah Kecamatan dengan seluruh desa dalam wilayah Kecamatan Simeulue Timur, dan menyepakati Desa Pulau Siumat menjadi lokasi untuk perayaan HUT RI tahun 2018. Untuk diketahui, Desa Pulau Siumat merupakan sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Simeulue, membutuhkan waktu perjalanan laut sekitar 1,5 jam lebih dengan perahu robin ke kawasan tersebut.

Menurut cerita penduduk setempat, nama desa ini berasal dari kata “Pelumat” (nama daerah di Aceh Selatan), alkisah ada seseorang yang memiliki ilmu Kanuragan “Lam Borek”, yang diceritakan pada suatu malam menarik pulau tersebut dari atas Gunung Sibao yang terletak di Desa Kuala Makmur Kecamatan Simeulue Timur. Seorang gadis yang bernama “Siti Pelumat” adalah penghuni pulau tersebut, karena rasa ingin memiliki gadis tersebut akhirnya pulau tersebut ditarik ke arah Simeulue, dan akhirnya nama gadis tersebut disingkat menjadi “Siumat” (Siti Pelumat).

Dalam kegiatan pelaksanaan upacara di Desa Pulau Siumat ini, Kecamatan Simeulue Timur turut melibatkan seluruh aparatur desa, para Kepala Desa, Imam Mukim, Sekretaris Desa, Ketua BPD masing-masing desa, dan unsur Muspika Kecamatan Simeulue Timur yang juga merupakan peserta upacara pada peringatan HUT RI ini.

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018 Kabupaten Simeulue tingkat Kecamatan Simeulue Timur ini, yang bertindak sebagai pembina upacara langsung dipimpim oleh Camat Simeulue Timur (Dodi Juliardi Bas, S.STP, MM), komandan Upacara oleh Ketua PK-KNPI Kecamatan Simeulue Timur (Taqwim Hidayah), dan perwira upacara oleh staf sekretariat kecamatan (Alfuad, S.STP).

(/isi).

Posted on: August 17, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *