Program Keluarga Sehat Untuk Simeulue Timur

SINABANG | simtimceria.id – Puskesmas Simeulue Timur menggelar kegiatan Sosialisasi Keluarga Sehat tingkat Kecamatan Simeulue Timur di Aula Kantor Camat Simeulue Timur, Senin (24-09-2018).

Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Camat Simeulue Timur, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, perwakilan unsur Muspika, para Kepala Desa dan Imeum Mukim dalam wilayah Sim-Tim, PKK Sim-Tim, Kader Posyandu, juga para peserta sosialisasi yang berjumlah sekitar 60 orang. Kepala Puskesmas Simeulue Timur (Fitra Angelin, SST, M.K.M) dalam laporannya mengatakan, Sosialisasi Keluarga Sehat ini merupakan sebuah Program Nasional, dengan tujuan meningkatkan kualitas masyarakat indonesia melalui Program Keluarga Sehat (PK).

Program Keluarga Sehat ini sudah dilaksanakan sejak awal 2018, dan yang menjadi sasaran ada 10 desa, yakni sekitar 5700 KK dalam wilayah Sim-Tim, Program Keluarga Sehat ini akan dilakukan oleh tim khusus dari Puskesmas Simeulue Timur, dengan melaksanakan pendekatan kepada warga, seperti kunjungan ke rumah-rumah warga. “Petugas Puskesmas akan mendatangi rumah warga untuk pendataan, bukan hanya sebatas pendataan, tapi ada tahap untuk mendapat status keluarga sehat” ungkap Kepala Puskesmas Sim-Tim.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue dalam hal ini diwakili oleh Edi Rahman, SP selaku Sekretaris Dinas Kesehatan juga turut menyampaikan, penuh harapan kedepan tidak ada lagi gizi buruk di daerah Simeulue, karena ini merupakan sebuah masalah yang sangat rumit, dan untuk mencegah masalah ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan, perlu adanya kerjasama terhadap masyarakat, dan perlu mengontrol kesehatan melalui puskesmas atau Rumah Sakit.

(Camat Simeulue Timur-Dodi Juliardi Bas, S.STP, MM saat memberikan arahan dan sambutan)

Camat Simeulue Timur (Dodi Juliardi Bas, S.STP, MM) dalam arahan dan sambutannya juga menambahkan, untuk mencapai tujuan program ini perlu adanya dukungan semua pihak, karena kendala di lapangan juga pasti ada, dengan begitu Camat Sim-Tim mengaharapkan kepada jajaran aparatur pemerintahan desa agar mendampingi tim dari puskesmas dalam melaksanakan tugasnya.
“Jika ada kendala dalam sebuah Desa berkaitan dengan kesehatan ini, seperti tidak ada petugas kesehatan atau sarana dan prasarana yang tidak terpelihara dalam sebuah Pustu, maka silahkan melapor dan kordinasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan” tambah Dodi Bas.

Kegiatan Sosialisasi Keluarga Sehat ini rencananya akan dilaksanakan selama satu hari. (/is).

Posted on: September 24, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *