Dodi Bas Galakkan Ta’lim wa Ta’lum dalam Lingkup Setdakab Simeulue

SINABANG | simtimceria.id – Kepala Bagian Humas Keprotokolan Setda Simeulue yang baru hitungan hari menjabat jabatan kabag humas hari ini menggalakkan program Ta’lim wa Ta’lum dalam lingkup Setdakab Simeulue selepas shalat Ashar berjamaah di Meunasah Kantor Bupati Simeulue, Selasa (29/1).

Dodi Bas, sapaan akrab kabag humas ini kerap memberikan perubahan positif  terutama dalam memimpin sebuah jabatan, dan ini sudah tercermin semenjak beliau mejabat sebagai Camat di Kecamatan Simeulue Timur dengan sekretarisnya Ali Muhayatsah, SH. Ada program safari subuh, safari maghrib, maupun melakukan himbauan kepada masyarakat dalam wilayah simeulue timur untuk meninggalakan segala aktifitas sejenak dengan siaran keliling bersama dengan jajaran sekretariat kecamatan untuk shalat maghrib berjamaah ke Masjid.

Ta’lim Wa Ta’lum adalah belajar dan mengajar dengan  maksud dan tujuannya adalah memasukan Nur Kalamullah ( cahaya ilmu dan pemahaman ayat Al Quran ), dalam penerapannya biasa dilakukan selepas shalat berjamaah waktupagi dan sore hari, baik di Masjid atau tempat ibadah lainnya maupun dalam lingkup rumah.

Aceh , adalah daerah yang menegakkan syariat Islam di Indonesia, Syari’at Islam yang dilaksanakan di Aceh meliputi bidang aqidah, syar’iyah, dan akhlak. Syari’at Islam tersebut meliputi ibadah, ahwal alsyakhshiyah (hukum keluarga), muamalah (hukum perdata), jinayah (hukum pidana), qadha’ (peradilan), tarbiyah (pendidikan), dakwah, syiar, dan pembelaan Islam. Ketentuan pelaksanaan syari’at Islam diatur dengan Qanun Aceh.

Setiap pemeluk agama Islam di Aceh wajib menaati dan mengamalkan syari’at Islam. Setiap orang yang bertempat tinggal atau berada di Aceh wajib menghormati pelaksanaan syari’at Islam. Pemerintahan Aceh dan Pemerintahan Kabupaten/Kota menjamin kebebasan, membina kerukunan, menghormati nilai-nilai agama yang dianut oleh umat beragama dan melindungi sesama umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya. Pendirian tempat ibadah di Aceh harus mendapat izin dari Pemerintah Aceh dan/atau Pemerintah Kabupaten/Kota.

Semoga untuk Kabupaten Simeulue ini sendiri, syariat Islam dapat berjalan secara optimal dengan kepemimpinan Erli Hasim dan Afridawati selaku Bupati dan Wakil Bupati Simeulue periode 2017 s/d 2022.

 

Posted on: January 30, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *