Seminar Pemutakhiran Data Kependudukan

SINABANG | simtimceria.id – Plt. Camat Simeulue Timur Ali Muhaytsah, SH hadiri seminar Pemutakhiran Data Kependudukan untuk para Sekretaris Desa dalam wilayah Kecamatan Simeulue Timur (15/2) di Aula Kecamatan Simeulue Timur, Sinabang.

Seminar ini merupakan sebuah bentuk pembekalan yang digagas oleh Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Simeulue guna bagaimana menyajikan laporan kependudukan dalam sebuah desa, yang mana seminar ini dihadiri oleh para Sekretaris Desa dalam wilayah kecamatan Sim-Tim, serta perwakilan dari Disdukcapil Simeulue.

Kabid Pengelolah Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Rosmawati, S.Pd dalam seminar ini menyampaiakan bahwa tujuan seminar ini adalah pembekalan bagi aparatur desa dalam memverifikasi data kependudukan dalam sebuah desa.

Dalam verifikasi kependudukan ini merupakan langkah untuk menentukan data keakuratan dari masyarakat yang dihitung secara perjiwa, dikarenakan banyaknya masyarakat yang berubah status dalam sebuah KK (kartu Keluarga). Mengingat ke depan ini juga akan dilaksanakan Pemilu april mendatang.

Maksud diadakannya seminar ini adalah selain meningkatkan pemahaman arti pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil juga. Harapannya dengan meningkatnya pemahaman akan berdampak pada tertib administrasi kependudukan. Yang dimaksud tertib administrasi kependudukan, antara lain:

  1. Tertib Database Kependudukan
  2. Tertib Penerbitan NIK
  3. Tertib Dokumen Kependudukan (KK, KTP, Akta Pencatatan Sipil)

Dalam seminar tersebut dijelaskan tentang ruang lingkup administrasi kependudukan meliputi pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk. Pencatatan sipil berupa pencatatan kelahiran, lahir mati, perkawinan, pembatalan perkawinan, perceraian, pembatalan perceraian, kematian, pengangkatan anak, pengakuan anak, pengesahan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan, peristiwa penting lainnya dan pelaporan penduduk yang tidak bisa melapor sendiri.

Masyarakat diminta selalu update KK jika jadi perubahan data dalam anggota Keluaganya seperti alamat, pendidikan, status dan lainnya, ini untuk kebutuhan penduduk dan kebutuhan Pemerintah agar memiliki data yang akurat. (/Tim)

Posted on: February 15, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *