Bupati Simeulue Buka Musrenbang 2020 Kecamatan Simeulue Timur

SINABANG | simtimceria.id – Bupati Simeulue Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue Tahun 2020, Rabu (6/3) di Aula Sekretariat Kecamatan Simeulue Timur.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN) yang terdapat dalam pasal 1 ayat (21) dinyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan adalah sebuah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa di kecamatan yang bersangkutan.

Pada kesempatan ini Musrenbang 2020 tingkat Kecamatan Simeulue Timur ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Simeulue Erli Hasim, yang juga dihadiri oleh Hansipar dari DPRK Simeulue, Plt. Camat Simeulue Timur, Kepala Bappeda selaku Ketua TIM, Kadis PUPR Ikhsan Mikaris, ST, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kadis Pendidikan Simeulue, Dinas Perhubungan, Unsur Muspika Kecamatan Simeulue Timur, Para Kepala Mukim, Kades, Sekdes, dan Ketua BPD dalam wilayah SimTim, Para pendamping Desa, Tokoh Masyarakat dan peserta Musrenbang lainnya.

Dalam laporannya Plt. Camat Simeulue Timur menyampaikan untuk kegiatan fisik dan non fisik tahun 2018 pada 17 desa dalam wilayah Simeulue Timur baru dapat terlaksana sekitar 60% sesuai dengan hasil monitoring evaluasi kecamatan bersama tim monev dan 40% lainnya masih banyak yang belum terlaksana, dan ini merupakan sebuah catatan bagi Kecamatan Simeulue Timur. Untuk maksud tersebut menjadi sebuah komitmen bahwa apabila kegiatan fisik 2018 di masing-masing desa tidak dapat terealisasi maka kegiatan fisik di 2019 tidak akan direkomendasi untuk pencairan.

Plt. Camat Simeulue Timur Ali Muhayatsah, SH juga berharap kepada Pemerintah Daerah atas beberapa permasalahan yang ada di wilayah Simeulue Timur agar mendapat solusi yang baik, beberapa point penting yang menjadi prioritas pembangunan yakni untuk Masjid di Desa Kuala Makmur yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan sehingga sulit untuk melakukan kegiatan ibadah dalam Masjid tersebut, kemudian tentang pembangunan Sarana Pelabuhan di Desa Pulau Siumat serta jalan dari kota Sinabang menuju Desa Air Pinang.

Bupati Simeulue Erli Hasim dalam arahannya mengatakan bahwa Musrenbang Kecamatan tentunya merupakan bagian arus untuk melakukan mobilisasi informasi pada tingkat bawah, dan apapun program-program yang sudah direncakan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota mau tidak mau harus kita terima. Tapi seiring dengan perkembangan reformasi, maka terjadi sebuah perputaran, yakni yang harus dimunculkan dari bawah.

Erli Hasim juga menambahkan Pemerintah daerah sudah menetapkan pagu-pagu anggaran kecamatan, dan sudah disampaikan melalui surat edaran Bupati dengan nomor 050/0743/2019 tentang penetapan pagu-pagu anggaran kecamatan. Dan beliau berharap agar kiranya dapat melakukan kajian-kajian analisis dari tingkat bawah sehingga betul-betul anggaran yang diserahkan bisa diatur dengan selektif dan penuh manfaat kepada masyarakat.

Menyikapi tentang permaslahan yang disampaikan oleh Plt. Camat Simeulue Timur, Bupati Simeulue sudah menangani masalah pembangunan Masjid di Desa Kuala Makmur dengan melakukan diskusi dengan pihak pemborong beserta element terkait lainnya, dan sudah dilakukan sebuah perjanjian bahwa akan diselesaikan paling lambat Januari akan selesai, namun ternyata sekarang sudah memasuki bulan Maret. Menyikapi ini Bupati Simeulue sudah memberikan wanti-wanti kepada pemborong agar sampai dengan Maret ini segera diselesaikan, namun bila tidak dapat terealisasi maka akan diselesaikan secara hukum.

Terkait pelabuhan yang ada di Desa Pulau Siumat, Bupati Simeulue mengatakan bahwa untuk masalah ini akan diserahkan kepada dinas terkait, dan akan dipirkan bagaimana solusi terbaik untuk pelabuhan di Desa Pulau Siumat ini mengingat sebenarnya mobilisasi menuju Desa Pulau Siumat ini sangat sulit.

Di akhir sambutannya, Bupati Simeulue resmi membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue Tahun 2020. (/ism)

 

Posted on: March 6, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *