Desa Amiria Bahagia Masuk 10 Desa Terbaik Dalam Perlombaan Gampong Tingkat Provinsi

SINABANG | simtimceria.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Aceh kunjungi Desa Amiria Bahagia Kecamatan Simeulue Timur bersama Tim Penilai Perlombaan Gampong/Desa dan rombongan, Rabu (1/5) di Desa Amiria Bahagia Kecamatan Simeulue Timur.

Kedatangan Kadis DPMD Aceh beserta Tim Penilai dan rombongan ini disambut hangat oleh Bupati Simeulue beserta unsur Forkopimda Simeulue dengan mengkalungkan Tanda Kehormatan yang disambut dengan adat Simeulue(Randai dan Gelombang).

Desa amiria Bahagia merupakan salah satu Desa dari 10 Desa terbaik dalam tingkat Provinsi Aceh yang sudah ditetapkan oleh Tim Penilai Perlombaan Gampong/Desa dalam Perlombaan Desa, dan akan diseleksi ke tingkat Provinsi dan akan dilombakan ke tingkat Nasional.

Bupati Simeulue dalam sambutannya mengatakan pemerintah desa merupakan ujung tombak dari keberhasilan pembangunan daerah, dan sampai saat ini kita bersama-sama terus mengoptimalkan peran pemerintahan desa. Beberapa hal yang merupakan list kerja yang utama yaitu tentang merealisasikan otonomi desa. Menjadikan desa mandiri dalam arti kata desa mampu mengelola aset masing-masing serta memiliki kondisi yang baik terkait pendidikan, kesehatan, kebersihan, ekonomi masyarakat, keamanan dan tegaknya regulasi pemerintahan yang ada di desa.

“Tugas dan pekerjaan kita masih banyak, waktu terus berjalan, maka kita harus bekerja keras untuk mewujudkan Simeulue sejahtera” ucap Bupati Simeulue.

Dalam sambutannya Bupati SImeulue Erli Hasim juga berharap, semoga Desa Amiria yang merupakan perwakilan dari Kabupaten Simeulue ini kiranya dapat mewakili dari Provinsi Aceh untuk mengikuti Perlombaan Desa tingkat Nasional.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Aceh memberikan sambutannya dan mengatakan kunjungan ini merupakan kunjungan yang terakhir dari 10 desa terbaik dalam wilayah kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang terwakili masuk nominasi 10 desa terbaik.

“Mudahan-mudahan Desa Amiria Bahagia ini merupakan Desa yang terbaik nantinya untuk mewakili Aceh ke tingkat Nasional” ucap Kadis DPMD Aceh.

Dalam penilaian ini, Tim Penilai dibentuk dengan SK Gubernur Aceh, dan Tim ini akan bekerja secara professional dan selektif, dan penilaian ini tergantung dari data-data dan penataan pemerintahan desa selama dua tahun terakhir. Adapaun aspek yang akan dinilai yaitu aspek pemerintahan, dalam hal ini indicator pelaksanaan kinerja pemerintahan, administrasi pemerintahan, proses dan perencanaan akuntabilitas di gampong, kemudian product-producy hokum di gampong serta pemanfaatan dana gampong. Yang kedua aspek kewilayahan, terdiri dari indicator profil desa, pelaksanaan adat istiadat, gotong royong, inovasi Ptd,keberhasilan BUMD, kemudian juga upaya dalam hal terwujudnya keamanan dan ketertiban di gampong. Yang ketiga adalah aspek kemasyarakatan, yang terdiri dari indicator peran dan fungsi lembaga kemasyarakatan, upaya pemberdayaan pelaksanaan pendidikan, kesehatan, dan juga pelaksanaan Syariat Islam gampong.

Selain itu, Tim penilai juga akan melihat berbagai potensi-potensi gampong yang berkaitan dengan pemerintahan desa, serta upaya-upaya penyelenggaraan pemberdayaan pembangunan desa. Dengan diberlakukannya UU pemerintahan gampong/desa, desa bukan lagi sebuah objek dalam hal menggerakkan pembangunan, tetapi sudah menjadi sebuah subjek. Dengan adanya dana desa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, tercatat untuk tahun ini provinsi Aceh memiliki dana yang dikucurkan oleh pusat sebesar 4,95 triliun untuk seluruh desa-desa yang definitive di Provinsi Aceh. (/ism).

Posted on: May 1, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *