Menjadi 10 Desa Terbaik Tingkat Aceh, Nolman Menawarkan ‘Memek’ Kepada Tim Penilai Gampong

SINABANG | simtimceria.id – Desa Amiria Bahagia Kecamatan Simeulue Timur akhirnya mendapat nominasi 10 desa terbaik untuk tingkat Provinsi Aceh, sesuai dengan penilaian Tim Penilai Gampong/Desa dari Aceh, dan akan mewakili Kabupaten Simeulue untuk mengikuti lomba desa tingkat Aceh.

Pada kunjungan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Aceh beserta rombongan Tim Penilai Gampong/Desa Aceh pada Rabu lalu (1/5), Kadis DPMD Aceh berharap semoga Desa Amiria Bahagia perwakilan Kabupaten Simeulue ini akan mewakili Aceh untuk mengikuti lomba desa di tingkat Nasional.

Pada awalnya Desa Amiria Bahagia merupakan salah satu bagian dari Dusun yang ada di Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur. Berkat usaha tokoh-tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK bersama Kepala Dusun dan unsur lainya maka pada tahun 2003 terbentuklah  Desa Amiria Bahagia menjadi Desa Persiapan di Kabupaten Simeulue. Yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa yaitu Bapak (Alm) Rasmiddin. WM. Kemudian berselang 2 tahun setalah itu tepatnya pada bulan Mei tahun 2005 status Desa Persiapan ditingkatkan statusnya menjadi Desa Definitif, yang ditandai dengan keluarnya SK BUPATI SIMEULUE (Drs. Darmili)  Nomor 02 Tahun  2005.

Satu tahun kemudian tepatnya pada bulan Juni tahun 2006 diadakan  Pemilihan Kepala Desa (PILKDES) Definitif yang perdana. Pada waktu itu terpilihlah Bapak Nolman sebagai Kepala Desa Amiria Bahagia. Desa Amiria Bahagia merupakan salah satu Desa yang terletak dikemukiman Kualo Tujuh Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue yang tidak jauh dari pusat Kecamatan dan Pusat Pemerintahan Kabupaten Simeulue. Masyarakat Desa Amiria Bahagia mayoritas penduduknya bermata pencaharian pedagang, nelayan, tukang becak, pertukangan, perbengkelan dan juga sebagian besar Pegawai Negeri Pemerintahan (PNS) dan Pegawai Swasta. Desa Amiria Bahagia sampai sekarang terdiri dari 2 (Dua) Dusun yaitu Dusun Cemara Indah dan Dusun Fajar Indah.

Nolman selaku kepala desa Amiria Bahagia pada saat kunjungan Kadis DPMD Aceh beserta rombongan Rabu lalu (1/5) ke Desa Amiria Bahagia mengatakan ucapan terimakasih kepada Camat Simeulue Timur Ali Muhayatsah, SH yang selalu mendampingi untuk sebuah prestasi yang baik ini hingga menjadi yang terbaik di Kabupaten Simeulue dan menjadi perwakilan untuk tingkat Provinsi Aceh, dan juga ucapan terimaksih kepada aparatur desa dan jajarannya serta seluruh masyarakat dalam wilayah Desa Amiria Bahagaia.

Kepala Desa Amiria Bahagia, Nolman, saat memberikan laporannya kepada kadis DPMD Aceh dan rombongan menawarkan ‘Memek’ kepada Kadis DPMD Aceh dan rombongan Tim Penilai Gampong/Desa. Sontak para tamu undangan tertawa, dan ternyata ‘memek’ yang dimaksud di sini yakni makanan khas Simeulue yang menjadi kearifan lokal daerah Simeulue sejak turun temurun.

Selepas acara seremonial dalam rangka menyambut Kadis DPMD Aceh dan Tim Penilai Gampong/Desa yang digelar di Halaman Masjid Desa Amiria Bahagia Rabu(1/5) lalu, dilanjutkan dengan evaluasi data sebagai bahan untuk laporan ke tingkat provinsi Aceh. (/ism)

Posted on: May 3, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *