Desa Amiria Kecamatan Simeulue Timur Ikuti Tahap Ke-III Evaluasi Lomba Desa Tingkat Aceh

BANDA ACEH | simtimceria.id – Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Aceh membuka secara resmi Lomba Desa tingkat Provinsi Aceh tahap III, yang diikuti oleh 10 Desa Terbaik se-Aceh yang telah lolos seleksi dalam perlombaan desa/gampong se kabupaten kota se-Aceh, Senin (13/6) di Banda Aceh.

Sebanyak 6.497 desa dalam wilayah Provinsi Aceh telah mengikuti beberapa proses dalam beberapa bulan terkahir, dan dari ribuan desa tersebut pada hari ini tersisa 10 desa terbaik yang akan mengikuti tahap ke tiga, yakni pemaparan dan wawancara evaluasi perkembangan gampong/lomba gampong tingkat Provinsi tahun 2019.

10 desa terbaik dari kabupaten/kota se-Aceh tersebut antara lain Desa Amiria Bahagia (Kab. Simeulue), Desa Kota Lintang (Kab. Aceh Tamiang), Desa Geudeubang Jawa (Kota Langsa), Desa Bebesen ( Kab. Aceh tengah), Desa Sumber Jaya (Kab. Bener Meriah), Desa Benteng (Kab. Pidie), Desa Lhong Raya (Kota Banda Aceh), Desa Meunasah Mon Cut (Kab. Aceh Besar), Desa Pasir Pinang (Kab. Aceh Barat ), dan Desa Sawang Indah (Kab. Aceh Selatan).

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Aceh Drs Bukhari MM saat memberikan sambutan mengatakan kepada 10 desa terbaik yang mengikuti seleksi ini, evaluasi gampong/lomba gampong ini agar diikuti dengan sungguh-sungguh untuk setiap tahap-tahap yang akan diberikan oleh Tim Penilai, dan beliau juga berpesan kepada seluruh Tim Penilai agar tranparansi dan sportif dalam melakukan penilaian, himbau beliau. Dan desa yang nantinya terpilih meraih nilai terbaik satu akan mewakili Provinsi Aceh ke tingkat Nasional.

Plt. Camat Simeulue timur Ali Muhayatsah, SH yang turut berhadir dalam pembukaan ini didampingi Tim dari DPMD Kabupaten Simeulue, Kepala Desa Amiria Bahagia, Ketua BPD Desa Amiria Bahagia, Ketua TP PKK Desa Amiria Bahagia dan Kasie Tata Pemerintahan Sekretariat Kecamatan Simeulue Timur.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untuk masing-masing desa yang ikut serta dalam acara ini, Desa Amiria Bahagia Kecamatan Simeulue Timur yang menjadi perwakilan dari Kabupaten Simeulue ini akan mengikuti persentasi Jum’at besok (14/6) yang langsung akan dipaparkan oleh Plt. Camat Simeulue Timur bersama Kepala Desa Amiria Bahagia.

Desa Amiria Bahagia sendiri merupakan sebuah desa kecil bahkan mungil menurut Nolman selaku Kepala Desa Amiria Bahagia yang sudah menjabat lebih kurang 13 tahun sejak diadakannya Pilkades definitif Desa Amiria Bahagia pada Juni 2006 silam, namun Desa ini merupakan Desa yang menjadi pusat Pemerintahan Kabupaten Simeulue, terbukti dengan banyaknya kantor dalam wilayah hanya 870.000 meter persegi dengan jumlah penduduk 743 jiwa.

Meski Kabupaten Simeulue belum pernah mendapatkan juara terbaik ke tingkat Nasional, namun untuk tahun 2019 ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat juara terbaik hingga ke tingkat Nasional untuk daerah Kabupaten Simeulue. (/ism)

Posted on: June 13, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *