BKKBN Prov Aceh Launching Rumah Data Kependudukan di Kampung KB Desa Ganting

SINABANG | simtimceria.id – Kepala perwakilan BKKBN Propinsi Aceh, Drs. Sahidal Kastri, MPd dan isteri beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kampung KB percontohan Kab. Simeulue tepatnya di Desa Ganting Kecamatan Simeulue, Senin (28/10).

Dalam kunjungan tersebut langsung disambut oleh Plt. Camat Simeulue Timur Ali Muhaytsah, SH beserta Kepala Desa Ganting beserta aparatur desa dan staf dari Sekretariat Kecamatan Simeulue timur serta pengurus Pokja Kampung KB. Kunjungan perwakilan BKKBN Prov Aceh beserta rombongan ini sekaligus melakukan launching “Rumah Data Kependudukan”.

Dalam arahannya, Drs. Sahidal Kastri, MPd mengatakan bahwa Kampung KB di Desa Ganting ini harus meningkatkan 8 fungsi keluarga, diantaranya fungsi agama, fungsi ekonomi, fungsi social, fungsi budaya, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan, fungsi lingkungan, serta fungsi kasih sayang.

Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB. Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah.

Selain itu, manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program ini melibatkan semua sektor pembangunan.  Dengan kata lain, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.

Dalam kunjungan perwakilan BKKBN prov Aceh ini juga turut dihadiri oleh Ibu Ketua Darmawanita Aceh Rinawari Siregar, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Amak dan Keluarga Berencana Kabupaten Simeulue Yurnalesti, SH, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ketua PKK Desa Ganting, para pengurus Pokja Kampung KB, Kader Posyandu, Kader Ppkbd, Sub ppkbd, dan para Kasie dan Kabid dari Dinas P3AKB Kab. Simeulue.

Kampung KB yang ada di Desa Ganting Kecamatan Simeulue Timur ini merupakan termasuk desa binaan Penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kec. Simeulue Timur. Plt. Camat Simeulue Timur Ali Muhayatsah, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa agar  meningkatkan hubungan kerja dengan lintas sector. (/tim)

Posted on: October 28, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *