Pimpin Apel Pagi | Plt. Camat Simtim : “Tidak Ada Perayaan Tahun Baru”

SINABANG | simtimceria.id – Melalui apel pagi di setiap seninnya dalam lingkungan Sekretariat Kecamatan Simeulue Timur, Plt. Camat Simtim memberikan arahan apel yang mengawali rutinitas pekerjaan kedinasan, Senin (16/12).

Ada beberapa point penting dalam arahan Plt. Camat Simtim pada apel pagi ini. Pertama, mengenai laporan penduduk dari beberapa desa yang belum menyerahkan ke kecamatan, karena data ini sangat diperlukan dan harus diserahkan ke Disdukcapil setiap tanggal 10 tiap bulannya. Kedua, kepada kaur keuangan desa agar segera menyerahkan anggaran perencanaan desa untuk percepatan proses dana desa 2020 yang mana akan berkahir pada tanggal 20 desember untuk seluruh kabupaten kota di Aceh sesuai arahan Sekda prov Aceh. Meski khusus untuk desa dalam Kabupaten Simeulue memiliki batas limit pada 26 desember nanti. Dan untuk khusus kecamatan simeulue timur ini pencairan dana desa tahap pertama akan dicairkan pada 10 januari 2020 mendatang dengan menyiapkan SPJ.

Ada hal yang berbeda dari kecamatan simeulue timur dibanding kecamatan lain dalam wilayah kabupaten Simeulue ini, dimana cara yang diterapkan oleh kecamatan Simeulue Timur memberi jalan yang lebih mudah dalam tahap pencairan dana desa, dimana dana desa dicairkan secara bertahap selama 4 kali dalam setahun, dengan langsung menyiapkan Spj, tentu ini membawa pengaruh positif bagi setiap desa dalam wilayah kecamatan Simeulue Timur. Sekretaris desapun tidak akan sulit menyiapkan Spj tahunan, karena sudah disipakan setiap tahap pencairan dana desa, dan cara ini ternyata sudah diadopsi oleh kabupaten di luar Simeulue.

Ketiga, menyahuti penyambutan tahun baru 2020, Plt. Camat SImeulue Timur mengatakan bahwasanya tidak ada perayaan apapun dalam pergantian tahun nanti, beliau berpesan kepada para Sekdes yang hadir dalam apel pagi ini untuk menindaklanjuti himbauan ini dan menyampaikan kepada masyarakat, dan menyampaikan di Masjid-masjid agar tidak ada perayaan malam tahun baru di desanya.

“Jangan ada masyarakat yang merayakan perayaan malam tahun baru, dan jangan ada pantai yang buka, apalagi mengadakan hiburan music keyboard sepanjang malam, baik di pantai atau di perkampungan” ucap Plt. Camat Simtim.

Kemudian, pada arahan terkahir Plt. Camat Simtim menindaklanjuti fenomena alam Gerhana Matahari Total yang diperkirakan akan terjadi di Simeulue pada 26 desember nanti, Plt. Camat Simtim Ali Muhayatsah menyampaikan bahwa pada tanggal 20 desember nanti, akan ada tata cara pelaksanaan Shalat Gerhana Matahari di Masjid Kecamatan Simtim Masjid An-Nur desa Sinabang. Diharapkan kepada masing-masing desa mengirimkan perwakilan desanya sebanyak 4 orang untuk mengikuti kegiatan dimaksud, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Jum’at nanti setelah Shalat Jum’at di Masjid An-Nur Sinabang.

Dalam apel pagi ini diikuti oleh seluruh staf secretariat kecamatan, para Sekdes, Kaur Keuangan dari berbagai desa, dan pendamping desa. (/tim)

Posted on: December 16, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *