Apel Peringati HPSN | Wabup : Maknai Kegiatan, Agama Mengajarkan Pentingnya Kebersihan

SINABANG | simtimceria.id

Camat Simeulue Timur Renil Muriansyah Putra, S.STP, M.Ec.Dev komandai Apel peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kabupaten Simeulue yang langsung dipimpin oleh Ibu Wakil Bupati Simeulue Hj. Afridawati, SE, Jum’at (28/02) di halaman parkir Pajak Inpres Sinabang Desa Suka Karya.

Wabup Afridawati selaku pimpinan apel HPSN mengawali sambutannya sebelum dimulai bakti sosial gotong royong menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Kondisi Pajak Inpres juga hingga saat ini semakin membaik, dan ini menjadi awal baru yang positif bagi kemajuan dan kesejahteraan kita, ucap Afridawati.

Secara historis, latar belakang lahirnya HPSN merupakan dari luka anak negeri, dimana sekitar tahun 2005 terjadi sebuah peristiwa yang menelan ratusan korban jiwa akibat longsoran sampah di sebuah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jawa Barat, dimana selain korban jiwa juga dikabarkan dua kampung adat dinyatakan hilang akibat longsoran sampah tersebut. Sampah merupakan ancaman bagi kehidupan manusia, dengan rentetan peristiwa yang pernah terjadi inilah lahir Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari.

Untuk Kabupaten Simeulue sendiri, penangan sampah masih jauh dapat tercapai dengan baik meski instansi terkait sudah secara optimal melakukan penaganan sampah, diakrenakan kurangnya kesadaran masyarakat peduli akan sampah, terutama sampah plastik yang masih banyak kita jumpai di laut dan bantaran sungai.

Wakil Bupati Simeulue dalam arahannya juga mengatakan hendaknya kegiatan seperti ini tidak hanya sebuah acara seremonial belaka tanpa dimaknai lebih dalam makna yang terkandung dari HPSN itu sendiri.

“Sebagai Muslim, agama juga telah mengajarkan bagaimana pentingnya kebersihan, karena kebersihan merupakan bagian daripada iman, maka kita jangan lalai dengan segala aktifitas baik di rumah atau di luar rumah sehingga melupakan kebersihan lingkungan dalam kehidupan kita” ucap Wabup.

Untuk mendukung terpeliharanya kebersihan lingkungan, Afridawati mengajak dan mengingatkan dalam sambutannya agar kita senantiasa melakukan gotong royong bersama, tidak membuang sampah sembarangan, mensosialisasikan perilaku peduli lingkungan, serta mengurangi pengunaan kantong kresek berjenis plastik.

Melalui kegiatan HPSN yang mempunyai semboyan “ Sayangi Bumi, Bersihkan dari sampah” ini, Wabup Afridawati kembali mengingatkan agar kita senantiasa peduli akan lingkungan, dan semua ini bukan hanya tugas dari Dinas Lingkungan Hidup saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Dalam kegiatan apel HPSN di Pajak Inpres Sinabang ini, turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, DPRK Simeulue, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf ahli, Ka. SKPK, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Simeulue Timur beserta jajarannya, Unsur Muspika, Unsur TNI Polri, Para Kepala Desa, Tokoh masyarakat, Ormas, OKP dan Organisasi Wanita, LSM, serta Komunitas Peduli Lingkungan Laut Danau dan Sungai (KPLLDS) yang dikomandai oleh Suhermi Bitel dan peserta apel lainnya.

Selepas apel HPSN, kegiatan dilanjutkan dengan menyisir beberapa titik lokasi yang padat dengan penumpakan sampah untuk dilakukan pembersihan sampah oleh seluruh peserta apel. Namun Camat Simeulue Timur bersama Kapolsek dan Danramil Simeulue Timur untuk kesempatan ini tidak dapat bergabung dengan peserta lainnya, dikarenakan ada urusan penting yang harus diselesaikan di Desa Kuala Makmur. (/tim).

Posted on: February 28, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *