BUKA MUSRENBANG KECAMATAN | CAMAT : SELAIN PRIORITAS I, PRIORITAS II DAN III JUGA SEMOGA TERTAMPUNG DI ANGGARAN SELAIN APBK

SINABANG | simtimceria.id – Camat Simeulue Timur Renil Muriansyah Putra, S.STP. M.Ec. Dev buka secara resmi acara Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kecamatan Simeulue Timur T.A 2021, Selasa 10 Maret 2020 di Aula Kantor Camat Simeulue Timur Sinabang.

Pada kesempatan ini, Tim dari Bappeda Kabupaten Simeulue yang diketuai oleh Zulfadli Abidin, SE memberikan materi penyampaian mengenai Musrenbang. Beliau menyampaikan bahwa Musren kecamatan tahun ini akan ada perubahan dari musren sebelumnya. Dan beliau juga mengatakan bahwa dalam musren kecamatan yang telah dilaksanakanpun tidak akan membeda-bedakan usulan dari desa, akan tetapi sudah include menjadi usulan kecamatan.

Selanjutnya Kepala Bappeda Zulfadli Abidin, SE juga mengingatkan agar musren kecamatan jangan lagi mengenai infrastruktur, akan tetapi lebih kepada perekonomian rakyat dan kesejahteraan.

“Kita berharap kepada para kepala desa tidak lagi memfokuskan infrastruktur, akan tetapi cobalah untuk mendongkrak terhadap pemberdayaan ekonomi, guna juga untuk menekan angka kemiskinan, meski itu kecil” tukas Kepala Bappeda.

Camat Simeulue Timur dalam sambutan dan arahannnya juga menyampaikan Kecamatan Simeulue Timur telah melakukan Pra Musrenbang pada tanggal 06 Maret 2020 yang bertujuan menyaring usulan-usulan prioritas yang telah disampaikan oleh desa-desa dalam Kecamatan Simeulue Timur.

Camat Simtim juga mengatakan jumlah keseluruhan usulan yang disampaikan oleh desa-desa adalah sebanyak 85 (delapan puluh lima) usulan, yang kemudian kami lakukan pembobotan menjadi 19 (Sembilan belas) usulan dan terakhir dibobotkan kembali untuk menyesuaikan dengan Prioritas Daerah  sehingga terkumpul 7 (tujuh) usulan prioritas dari Kecamatan Simeulue Timur mengacu kepada tema Musrenbang “Memacu ekonomi kerakyatan untuk mempercepat pengurangan kemiskinan dan kesempatan kerja”.

7 Usulan prioritas I tersebut diantaranya :

  1. Pengadaan Pinang Batara di 5 Desa (Ganting, Air Pinang, Ujung Tinggi, Sefoyan, dan Pulau Siumat) sebanyak 120 batang
  2. Lanjutan pengaspalan jalan menuju wisata Babang
  3. Lanjutan Pembangunan Irigasi di Kuala Makmur
  4. Normalisasi sungai hulu Sinabang, dan saluran drainase untuk pengurangan resiko bencana termasuk dalam wilayah desa suka karya
  5. Drainase beserta Box Plat jalur dua
  6. Peningkatan jalan usaha tani desa suak buluh
  7. Terakhir untuk prioritas I pembangunan pajak ikan mini di Desa Suka Jaya.

Prioritas II

  1. Pengerasan jalur desa linggi
  2. Lanjutan pembangunan talut sungai desa Amaiteng Mulya
  3. Pembangunan Drainase desa Air Dingin
  4. Pembebasan lahan TPU desa Suka Maju
  5. Pembangunan Masjid Hidayahturrahman desa Lugu
  6. Pembangunan jembatan dermaga Pulau Siumat
  7. Perehapan seluruh kantor desa dalam wilayah Simeulue Timur

“Usulan-usulan tersebut kami kelompokan kedalam 3 kelompok yaitu usulan prioritas I, II dan III. Dan yang akan kami sampaikan kepada Tim Musrenbang yang berhadir pada hari ini adalah Prioritas I” ucap Camat Simtim.

Renil Camat Simtim juga berharap untuk Prioritas II dan III juga dapat tertampung melalui sumber anggaran selain APBK.

“Untuk Prioritas II dan III akan kami sampaikan kepada seluruh SKPK yang berhadir pada hari ini sebagai patron kegiatan apa saja yang dibutuhkan pada wilayah Kecamatan Simeulue Timur” tambah Renil.

Dalam pembukaan Musrenbang Simtim 2021 ini turut dihadiri oleh anggota DPRK Simeulue (Hansipar, Ugek Farlian, dan Rita Diana), Camat dan Sekretaris Camat Simeulue Timur beserta unsur Muspika, Kepala Puskesmas Simeulue Timur dan Kuala Makmur, Ka. SKPK (Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, DPMD, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Syariat Islam), para Imeum Mukim, para Kades dan Ketua BPD, unsur kepudaan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, Para Tenaga Ahli, PDTI, PD, PLD, serta tamu undangan lainnya. (/tim).

Posted on: March 10, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *