Wisata

Pulau Simeulue yang berada di tengah Samudera Hindia merupakan salah satu Kabupaten di Aceh, Indonesia, berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh. Kabupaten Simeulue berdiri tegar di Samudera Indonesia.

Ibukota Simeulue yang bernama Sinabang berasal dari kata “SI Navang” yang berasal dari legenda Navang (nama seseorang pembuat garam pada masa dulu yang berada di daerah pulau Babang dan juga merupakan sebuah pulau pintu masuknya ke teluk Simeulue.

Simeulue merupakan surganya Indonesia, bahkan banyak visitor dari Mancanegara sangat mengenal akan keberadaan Pulau Simeulue ini, tapi sayang kurang terkenal untuk negara Indonesia.

Berikut beberapa Wisata Simeulue yang ada di Kabupaten Simeulue.

Pantai Ganting

photo by : @murshall (instagram)
Pantai Ganting merupakan sedikit dari tempat wisata yang paling populer bagi masyarakat Simeulue. Setiap pekannya, warga berbondong-bondong dari berbagai kecamatan yang ada di Simeulue khususnya untuk warga Kecamatan Simeulue Timur sendiri datang ke pantai ini untuk sekedar piknik baik bersama keluarga atau teman-teman mereka.Secara geografis, Pantai Ganting terletak di Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Jika ingin berkunjung ke pantai, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 11 kilometer dari Kota Sinabang. Perjalanan menuju pantai kurang lebih memakan waktu 30 menit yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat.Pulau Simeulue merupakan salah satu daerah yang terparah ketika bencana Tsunami melanda Aceh pada tahun 2004 lalu. Pantai Ganting pun merasakan dampaknya, saat air bah memporak-poranda kan keindahan pantai ini. Namun saat ini, kondisi di Simeulue sudah stabil dan keindahan panoramanya pun bisa dinikmati oleh wisatawan.Berbeda dengan pantai yang ada di Simeulue lainnya, pasir di Pantai Ganting berwarna sedikit kecoklatan sehingga nampak lebih eksotis. Bebatuan karang juga bisa ditemukan dibibir pantai, jernihnya air laut membuat wisatawan bisa melihat keindahan batu-batu ini secara langsung dari permukaan.

Para pengunjung Pantai Ganting, biasanya menghabiskan waktu dengan bermain air, berenang, mandi serta bermain bersama gulungan ombak di tepian. Airnya pun sangat segar dan jernih, wisatawan bisa melihat secara langsung aneka biota laut yang hidup didalamnya hanya dengan mata telanjang dari permukaan air.

Pantai Ganting memang menjadi salah satu objek wisata populer di Pulau Simeulue. Tak sedikit wisatawan yang setiap pekannya memadati pantai ini. Tak hanya dari masyarakat sekitar saja, tetapi banyak pengunjung yang datang dari luar daerah hingga mancanegara. Eksotisme pantai yang sangat natural, asri, bersih dan indah menjadi daya tarik dari pantai ini.

Senada dengan keindahan yang ditawarkan, Pantai Ganting juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Di sekitar pantai terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan toilet umum, mushola untuk beribadah serta tempat parkir yang cukup luas.

Jalan yang digunakan untuk menuju ke pantai juga dalam kondisi diaspal dengan baik, lokasinya yang cukup dekat dari Ibukota Kabupaten Simeulue menjadi alasannya.

Tak lengkap jika berkunjung ke pantai, namun tak mencicipi kuliner seafoodnya. Disini wisatawan juga bisa berwisata kuliner dengan memanjakan lidah menikmati berbagai olahan laut seperti ikan, udang, kepiting, kerang dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun tergolong bersahabat, dan pastinya akan membuat perut kenyang.

Jika berkunjung ke pantai ini, kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir eksotis berwarna kecoklatan yang landai dan luas. Selain itu, kamu juga bisa melihat samudra hindia yang membiru, menjadi sebuah fenomena yang memanjakan mata. Deretan pepohonan hijau nan rindang, seolah menambah kecantikan dari Pantai Ganting.

Kamu bisa menikmati segarnya air di pantai ini dengan berenang di tepian, tetaplah berhati-hati karena pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Bersantai di tepi pantai pun bisa kamu lakukan, kamu bisa berbaring di hamparan pasir lembut bak permadani alami serta menikmati deburan ombak yang menerpa karang.

Salah satu daya tarik Pantai Ganting adalah panorama sunset yang bisa dinikmati ketika senja tiba, Sunset di pantai ini terasa istimewa, karena luasnya pantai sehingga pandanganmu sama sekali tidak akan terhalang. Kamu akan disuguhi fenomena alam yang luar biasa, ketika matahari secara perlahan seolah ditelan oleh samudra.

Gradasi warna yang dipancarkan oleh langit luas sangat indah, seketika menciptakan suasana romantis yang sangat sayang untuk dilewatkan. Fenomena sunset ini seolah menggambarkan sebuah lukisan alami yang diciptakan oleh Sang Kuasa.

Taman Kota Sinabang

photo by : @dimas_simeulue (Instagram)

Taman yang memiliki luas sekitar 500 meter persegi itu sangat mudah diakses. Karena berada persis di depan Pendopo dan Kantor Bupati Simeulue. Taman yang juga disulap menjadi tempat bermain ini dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari wahana bermain anak-anak seperti ayunan dan papan luncuran, tempat jajanan, gazebo, toilet, tempat parkir hingga fasilitas internet gratis.

Untuk menambah kesan alami Pemerintah setempat juga menempatkan ratusan ekor burung merpati yang sudah jinak dalam dua unit kandang khusus di taman tersebut.

Sejak dibuka, setiap sore hari Taman Impian Simeulue ramai dikunjungi.Tak terkecali di akhir pekan dan hari libur warga antusias mengunjungi taman tersebut untuk rekreasi. Terutama yang telah berkeluarga dan anak-anak sekolahan yang ingin berselancar di dunia maya dengan memanfaatkan fasilitas internet gratis.

Di malam hari taman yang didominasi bunga pucuk merah itu, semakin semarak dihiasi lampu berwarna warni dari berbagai sudut taman.

Meski demikian, taman tersebut masih membutuhkan pembenahan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Terutama beberapa fasilitas seperti sarana ibadah.

Fasilitas lainnya sudah ada, hanya saja yang belum fasilitas sarana ibadah, untuk kepentingan pengunjung, tapi hanya 50 meter dari sini ada Mesjid Desa Air Dingin.

Tugu Lobster

photo by : @wanti_one (Twitter)
Tugu Lobster ini merupakan simbol/icon dari Simeulue yang berada di tengah kota Sinabang tepatnya di lokasi pelabuhan lama kota Sinabang, Tugu Lobster ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Simeulue Timur namun tidak begitu banyak pengunjung yang datang, hanya sekedar untuk ber-Selfie bagi para pengunjungnya.
Pantai Busung
photo by : Bika Rahmat (Blogspot)

Pantai Busung sendiri berada di Desa Busung, Kecamatan Teupah Tengah, di Pantai ini terdapat resort dan prasarana untuk para pengunjung pun sudah ada. Mini Cafe, Mushala dan Toilet umum juga sudah dibenahi. Kebersihan pun sangat dijagar pengunjung betah dan aman dengan lingkungan.

Selain itu, ombak dan pantai yang indah, objek wisata pantai busung ini memiliki taman bawah laut yang menawan, sebagai wilayah yang berada di lintasan patahan austronesia di Samudera Hindia, dunia bawah laut Simeulue dihuni oleh berbagai macam hewan laut yang tergolong langka dan dilindungi.

Resort

Baneng Island Resort