Desa Amiria Bahagia

PROFIL DESA AMIRIA BAHAGIA KECAMATAN SIMEULUE TIMUR

Garis Merah : Batas Desa. Garis Kuning : Batas Dusun

SEJARAH DESA AMIRIA BAHAGIA.

Pada awalnya Desa Amiria Bahagia merupakan salah satu bagian dari Dusun yang ada di Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur namun  sejak tahun 2002  sejumlah tokoh-tokoh masyarakat bersama Kepala Dusun  (Bapak Alm. Rasmiddin. WM) pada waktu itu, mengajukan permohonan kepada Kepala Desa Air  Dingin bahwa Dusun Amiria supaya dapat dijadikan sebuah Desa yang berdiri sendiri. Dan Kepala Desa Air Dingin pun menaggapi positif akan rencana tersebut, lalu Kepala Desa Air Dingin, Kepala Dusun Amiria bersama tokoh-tokoh masyarakat menghadap Bupati Simeulue dan DPRK Simeulue memohon Dusun Amiria untuk dapat dijadikan Desa Amiria Bahagia. Bupati Simeulue dan DPRK Simeulue juga mengabulkan akan permohonan tersebut. Sehingga berkat usaha tokoh-tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK bersama Kepala Dusun dan unsur lainya maka pada tahun 2003 terbentuklah  Desa Amiria Bahagia menjadi Desa Persiapan di Kabupaten Simeulue. Yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa yaitu Bapak (Alm) Rasmiddin. WM. Kemudian berselang 2 tahun setalah itu tepatnya pada bulan Mei tahun 2005 status Desa Persiapan ditingkatkan statusnya menjadi Desa Definitif, yang ditandai dengan keluarnya SK BUPATI SIMEULUE (Drs. Darmili)  Nomor 02 Tahun  2005. Satu tahun kemudian tepatnya pada bulan Juni tahun 2006 diadakan  Pemilihan Kepala Desa (PILKDES) Definitif yang perdana. Pada waktu itu terpilihlah Bapak Nolman sebagai Kepala Desa Amiria Bahagia. Desa Amiria Bahagia merupakan salah satu Desa yang terletak dikemukiman Kualo Tujuh Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue yang tidak jauh dari pusat Kecamatan dan Pusat Pemerintahan Kabupaten Simeulue. Masyarakat Desa Amiria Bahagia mayoritas penduduknya bermata pencaharian pedagang, nelayan, tukang becak, pertukangan, perbengkelan dan juga sebagian besar Pegawai Negeri Pemerintahan (PNS) dan Pegawai Swasta. Desa Amiria Bahagia sampai sekarang terdiri dari 2 (Dua) Dusun yaitu Dusun Cemara Indah dan Dusun Fajar Indah.

Sistem Pemerintahan Desa Amiria Bahagia berazaskan pada pola adat atau kebudayaan serta memelihara kearifan lokal dan juga peraturan formal yang sudah bersifat umum sejak zaman dahulu, Pemerintahan Desa dipimpin oleh seorang Kepala Desa, Kepala Dusun, dan Imam Chik. Imeum Mukim memiliki peranan yang cukup kuat dalam tatanan Pemerintahan Desa, yaitu sebagai penasehat baik dalam penetapan sebuah kebijakan ditingkat Pemerintahan Desa dan dalam memutuskan sebuah putusan hukum adat.

Badan Perwakilan Desa ( BPD ) menjadi bagian lembaga Penasehat Desa, Badan Perwakilan Desa juga sangat berperan dan berwenang dalam memberi pertimbangan terhadap pengambilan keputusan-keputusan  Desa, memantau kinerja dan kebijakan yang diambil oleh Kepala Desa. Imam Chik berperan mengorganisasikan kegitan-kegiatan keagamaan. Pada zaman dulu roda pemerintahan dilaksanakan di rumah Kepala Desa karena pada saat itu belum ada Kantor Desa atau pun Gedung serba guna. Kantor Desa baru dibangun pada tahun 2007 yang didanai oleh Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh – Nias.

Secara Administrasi dan Geografis Desa Amiria Bahagia berbatasan dengan :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Sungai Suak Tungkul Desa Suka Jaya
  • Sebelah Timur berbatasan Lautan Teluk Sinabang
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Gunung Desa Suka Karya / Desa Amaiteng Mulia
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Sungai Air Dingin

SEJARAH PEMERINTAHAN DESA AMIRIA BAHAGIA.

Menurut sejarah Pemerintahan Desa Amiria Bahagia sejak berdirinya telah dipimpin oleh beberapa orang Kepala Desa, Kepala Desa yang pertama di jabat oleh Rasmiddin. WM yaitu dari tahun 2003 –  2006. Kemudian diadakan  pemilihan Kepala Desa pada tahun 2006, dan terpilih Nolman menjadi Kepala Desa mulai dari tahun 2006 – 2011, pada tahun itu masa jabatan Nolman telah berakhir. Dan sebelum mengadakan pemilihan Kepala Desa, untuk sementara Kepala Desa di Jabat oleh Suharli pada tahun 2011-2012 yang pada waktu itu juga menjabat sebagai Sekretaris Desa. Kemudian pada waktu itu Suharli dalam keadaan sakit-sakit dan pada akhirnya beliau meninggal dunia dan pemilihan Kepala Desa pun belum bisa dilaksanakan, sehingga Kepala Desa kembali di jabat sementara oleh Arfanuddin pada tahun 2012 – 2013. Pada tahun 2013 pemilihan Kepala Desa baru bisa dilaksanakan, dan Nolman yang terpilih sebagai Kepala Desa selanjutnya. Namun pada tahun 2013 itu juga Nolman mengundurkan diri dari Kepala Desa karena beliau mengikuti pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Simeulue tahun 2014. Kepala Desa pun kembali dijabat oleh pejabat sementara yaitu dijabat Mardian 2013-2015. Pada awal tahun 2015 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa, Nolman kembali mengikuti pemilihan tersebut dikarenakan ia tidak lolos menjadi anggota Dewan Perwakilan Kabupaten Simeulue (DPRK) Simeulue dan Nolman pun kembali terpilih menjadi Kepala Desa Amiria Bahagia definitif sampai dengan sekarang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

NO

NAMA KEPALA DESA

PERIODE PEMERINTAHAN

1.

Rasmiddin. WM

2003 – 2006

2.

N o l m a n

2006 – 2011

3.

Suharli

2011 – 2012

4.

Arfanuddin

2012 – 2013

5.

N o l m a n

2 0 1 3

6.

Mardian

2013 – 2015

7.

N o l m a n

2015 s/d sekarang

Sementara itu untuk penelusuran pembentukan Badan Perwakilan Desa (BPD)  untuk pembentukan perdananya pada tahun 2003-2006 dijabat oleh M. Rahim. Kemudian 2006-2012 juga dijabat oleh M. Rahim. Untuk tahun 2012-2013 dijabat oleh Asliman, kemudian tahun 2013-2015 kembali dijabat oleh M. Rahim. Pada pertengahan tahun 2015 diadakan kembali musyawarah desa untuk memilih para anggota BPD yang baru, sehingga terpilihlah Siti Imri sebagai ketua Badan Perwakilan Desa (BPD)  Desa Amiria Bahagia dengan anggota sebanyak 4 (empat) orang sampai dengan sekarang. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel dibawah ini.

NO

PERIODE

NAMA KETUA BPD

SUMBER INFORMASI

KET

1

2003-2006

M. Rahim

Aparatur Desa

LMD

2

2006-2012

M. Rahim

Aparatur Desa

LMD

3

2012-2013

Asliman

Aparatur Desa

LMD

4

2013-2015

M. Rahim

Aparatur Desa

BPD

5

2015 s/d Skrg

Siti Imri

Aparatur Desa

BPD

SEJARAH PEMBANGUNAN DESA AMIRIA BAHAGIA.

Pembangunan yang dilaksanakan di desa Amiria Bahagia didanai dari  berbagai sumber dapat dilihat sejak tahun 2006 hingga sekarang dapat dilihat pada tabel berikut ini :

 

NO

 JENIS

PEMBANGUNAN/

KEGIATAN

 

PERIODE

SUMBER

DANA

DONOR

 

VOL

 

KET

1.

Pembangunan Masjid

2006

Swadaya, BRR & APBK
2015

1 Unit

2.

Pembangunan Kantor Desa

2007

BRR-Aceh
Nias

1 Unit

Perlu direnovasi

3.

Pembangunan Jalan Rabat  Beton

2009

BKPG

1 Unit

Perlu direnovasi

4.

Lanjutan Jalan Rabat Beton

2009

BKPG

1 Unit

 

5.

Perkerasan Jalan &
Gorong-Gorong

2011

BKPG

1 Unit

 

6.

Perkerasan Jalan & Gorong-Gorong

2012

BKPG

1 Unit

 

7.

Jalan Sirtu dan
Gorong-Gorong

2013

BKPG

1 Unit

 

8.

Pembangunan Saluran Air

2014

BKPG

1 Unit

 

9.     

Pembangunan Pondasi
Meunasah Al-Ikhlas

2015

Aspirasi     (APBK)

1 Unit

 

10.  

Rehab Meunasah Al-Ikhlas

2016

DD

1 Unit

 

11.  

Jalan TPU Desa Amiria Bahagia

2016

DD

1 Unit

 

12.  

Gedung Serba Guna

2016

DD

1 Unit

 

13.  

Pembangunan Gapura

2016

DD

1 Unit

 

14.  

Drainase Lorong perjuangan

2016

DD

1 Unit

 

15.  

Gudang Inventaris

2016

DD

1 Unit

 

16.  

Rabat Beton Jalan Damai

2016

DD

1 Unit

 

17.  

MCK Masjid Baitul Jannah

2017

DD

1 Unit

 

18.  

Lanjutan Drainase Lorong Perjuangan

2017

DD

1 Unit

 

19.  

Lanjutan Jalan TPU Desa Amiria Bahagia

2017

DD

1 Unit

 

20.  

Lanjutan Pembangunan Serba Guna

2017

DD

 1 Unit

 

21.  

Pagar Masjid Baitul Jannah

2017

Aspirasi, APBK

1 Unit

 

22.

Papin Blok

2018

APBK

1 Unit

 

23.  

Lanjutan Pembangunan Meunasah Al-Ikhlas

2018

DD

1 Unit

 

24.  

Drainase Jalan PNPM

2018

DD

1 Unit

 

KEADAAN SOSIAL AMIRIA BAHAGIA.

Tatanan kehidupan masyarakat Desa Amiria Bahagia sangat kental dengan sikap solidaritas sesama, kekeluargaan dimana kegiatan-kegiatan yang berbaur sosial kemasyarakatan masih berjalan dan dipelihara dengan baik. Hal ini terjadi karena adanya ikatan keagamaan dan kekeluargaan yang sangat kuat antara sesama masyarakat. Dimana dalam agama Islam memang sangat ditekankan untuk saling berkasih sayang, membantu meringankan beban saudaranya, dan dituntut pula untuk membina dan memelihara hubungan Ukhwah Islamiah antar sesama. Atas landasan inilah sehingga tumbuhnya  motivasi masyarakat untuk saling melakukan interakasi sosial dengan baik, Hubungan pemerintah dengan masyarakat yang terjalin baik, juga menjadi kekuatan Desa Amiria Bahagia dalam pengelolaan pemerintahan dan kemasyarakatan. Hal ini salah satunya dapat dilihat dari adanya administrasi pemerintahan Desa yang cukup baik, serta berfungsinya struktur Pemerintahan Desa itu sendiri. Bahasa yang digunakan warga di Desa Amiria Bahagia adalah Bahasa Simeulue dan Bahasa Jamu serta Bahasa Indonesia.

Kondisi perekonomian masyarakat tergolong sedang dimana mata pencaharian penduduk bervariasi yaitu Pedagang, Nelayan, Tukang Becak, Tukang Bangunan, TNI, Polri, Pekerja Swasta dan sebagian besar masih dinominasi sebagai PNS, dan tidak tertutup kemungkinan masih ada juga Pengangguran. Adapun kegiatan sosial Desa yang sering dilakuan sehari-hari Adalah :

  • Gotong royong bersama
  • Pengajian Wirid Yasin
  • Pengajian Agama Islam di Mesjid
  • Rapat-rapat penyelesaian masalah warga
  • Penyantunan untuk anak yatim
  • Melakukan takziah ke tempat orang meninggal dunia
  • Acara ceramah tiap hari besar Islam
  • Persatuan Olah Raga PKK dan Pemuda
  • A r i s a n
  • Berkunjung ke tempat orang sakit atau melahirkan
  • Kegiatan PKK
  • Posyandu
  • Sahlat fardhu kifayah apabila ada warga yang meninggal dunia
  • Pembinaan anak-anak TPA di Mesjid atau Meunasah
  • DLL

TIPOLOGI DESA AMIRIA BAHAGIA.

Tipologi Desa Amiria Bahagia berdasarkan wilayah Desa dapat dilihat pada Tabel berikut ini :

No

Uraian

Ya / Tidak

Keterangan

1

Desa sekitar hutan

Tidak

2

Desa sekitar laut

Tidak

3

Desa terisolasi

Tidak

 

4

Perbatasan dengan Kabupaten lain

Tidak

5

Perbatasan dengan Kecamatan lain

Tidak

6

Tanah Hamparan

Tidak

 

7

Pola Pemukiman

Ya

 

ORBITASI DESA AMIRIA BAHAGIA.

No

Uraian

Satuan

Keterangan

I

Orbitasi Umum

1

Jarak ke Ibu kota Provinsi

650

KM

2

Jarak ke ibu kota Kabupaten

1

KM

3

Jarak ke ibu kota Kecamatan

0,5

KM

II

Orbitasi Khusus

1

Jarak ke gunung

500

M

2

Jarak ke laut

500

M

3

Jarak ke sungai

20

M

4

Jarak ke pinggiran hutan

500

M

5

Jarak ke pasar

1

KM

6

Jarak ke pelabuhan

3

KM

Pelabuhan Veri Kolok

7

Jarak ke bandar udara

8

KM

Bandara Lasikin

8

Jarak ke terminal

300

M

 

9

Jarak ke kantor polisi/militer

1

KM

Polsek Simtim

10

Jarak ke tempat wisata

6

Km

Pantai Ganting

11

Jarak ke tempat hiburan

KONDISI DEMOGRAFIS DAN KEPENDUDUKAN DESA AMIRIA BAHAGIA.

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Desa Amiria Bahagia sebesar 734 jiwa yang terdiri atas 336 orang laki-laki dan 398 orang perempuan sebagaimana dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel Jumlah Penduduk Menurut Dusun di Desa Amiria Bahagia Tahun 2017

No

Dusun

Jumlah

KK

Jenis Kelamin

Jumlah

( Jiwa )

LK

PR

1.

Cemara Indah

128

172

174

346

2.

Fajar Indah

136

195

202

397

T O T A L

264

367

376

743

Tabel Jumlah Penduduk Menurut Golongan Usia di Desa Amiria Bahagia.

No

U r a i a n

Jenis Kelamin

Jumlah (jiwa)

Lk

Pr

1.

0      bulan    –   12  bulan

24

18

42

2.

13   bulan    –   04  tahun

20

22

42

3.

05   tahun   –   06  tahun

12

18

30

4.

07   tahun   –   12  tahun

17

12

29

5.

13   tahun   –   15  tahun

25

19

44

6.

16   tahun   –   18  tahun

16

14

30

7.

19   tahun   –   25  tahun

27

20

47

8.

26   tahun   –   35  tahun

34

29

63

9.

36   tahun   –   45 tahun

61

65

126

10.

46   tahun   –   50 tahun

51

41

92

11.

51   tahun   –   60 tahun

27

38

65

12.

61   tahun   –   75 tahun

30

51

81

13.

Diatas 75 tahun

23

29

52

T O T A L

367

376

743

Tabel Jumlah Penduduk Menurut Pemeluk Agama di Desa Amiria Bahagia.

No

Dusun

Jumlah

Islam

Kristen

Budha

Hindu

Katolik

1.

Cemara Indah

346

2.

Fajar Indah

397

T O T A L

743

 

 

 

 

Tabel Jumlah Penduduk Menurut Cacat Mental dan Fisik di Desa Amiria Bahagia.

No

Uraian

Jumlah

Keterangan

1.

Cacat Fisik

 

 

 

– Tuna Rungu/Bisu

1

 

 

– Tuna Wicara/Tuli

 

 

– Tuna Netra/Buta

 

 

– Lumpuh

1

 

 

– Sumbing

 

 

– Invalid lainnya

 

2.

Cacat Mental

 

 

 

– Idiot

 

 

– Gila

 

 

– Stres

 

T O T A L

2

 

FASILITAS SOSIAL DESA AMIRIA BAHAGIA.

Dalam rangka Mendukung kegiatan sosial masyarakat Desa Amiria Bahagia berikut ini adalah fasilitas sosial yang ada di Desa Amiria Bahagia dapat dilihat pada Tabel dibawah ini :

Fasilitas Pemerintahan

Tabel Fasilitas Pemerintahan Desa Amiria Bahagia

No

Jenis fasilitas Pemerintahan

Jumlah (Unit)

Penggunaan Fasilitas

1

Kantor Kepala Desa

1

Aktif

2

Kantor BPD

Belum ada / sangat dibutuhkan

3

Kantor Pemuda

Belum ada / sangat dibutuhkan

4

Gedung TPA/Posyandu

Belum ada / sangat dibutuhkan

5

Gudang Asset Desa

Aktif

6

Gedung Serba Guna

Aktif

Fasilitas Peribadatan

Tabel Fasilitas Tempat Ibadah yang ada di Desa Amiria Bahagia

No

Jenis fasilitas
Peribadatan

Jumlah (Unit)

Penggunaan Fasilitas

1

Mesjid Baitul Jannah

1

Tempat Beribadah & TPA – Aktif

2

Meunasah Al-Ikhlas

1

Tempat Beribadah – Tidak Aktif

3

Gereja

Tidak ada

4

Pura

Tidak ada

Fasilitas pendidikan

Tabel Fasilitas Pendidikan yang ada di Desa Amiria Bahagia

No

Jenis fasilitas Pendidikan

Jumlah (Unit)

Penggunaan Fasilitas

1

Gedung TK

2

Gedung SD

3

Gedung SLTP

4

Gedung SLTA

Fasilitas Kesehatan

Tabel Fasilitas Kesehatan di Desa Amiria Bahagia

No

Jenis fasilitas Kesehatan

Jumlah (Unit)

Penggunaan Fasilitas

1

Pustu

 

2

Posyandu

1

30 Orang

Fasilitas Olah Raga

Tabel Fasilitas Pendukung kegiatan Olahraga yang ada di Desa Amiria Bahagia

No

Jenis fasilitas Olah Raga

Jumlah (Unit)

Penggunaan Fasilitas

1

Lapangan Bola Kaki

 

2

Lapangan Bola Volly

1

Aktif

Fasilitas Ekonomi

Tabel Fasilitas Ekonomi yang ada di Desa  Amiria Bahagia

No

Jenis fasilitas Ekonomi

Jumlah (Unit/Orang)

Keterangan

1

Usaha Peternakan

2

 

2.

Usaha Perkebunan

 

3.

Kel. Simpan Pinjam

13

 

4.

Usaha Industri kerajinan

 

5.

Usaha Angkutan

 

6.

Pabrik Es

 

7.

TPI

 

8.

Batu Bata

 

9.

Minyak Tanah

1

 

10.

Sewa Teratak dan Pelaminan

1

 

11.

Pembayaran Rekerin Listrik

1

 

SUMBER DAYA ALAM DAN EKONOMI DESA AMIRIA BAHAGIA.

Desa Amiria Bahagia Secara geologi lahan tanah berupa lahan kering dan sebagian  lagi lahan basah (sawah) yang tidak termanfaatkan lagi, serta areal pemukiman yang merupakan lahan mayarakat. Sedangkan untuk potensi bahan galian / tambang tidak ada. Potensi sumber daya air kurang, pada musim kemarau cendrung kering dan tidak ada sumber air, tapi pada musim hujan di beberapa titik sering terdapat permasalahan banjir. Secara iklim mempunyai kategori daerah sub-tropis yang terdiri dari 2 (dua) musim iklim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tingkat curah hujan tertinggi terjadi pada bulan September Sampai dengan Desember.

Curah hujan terendah pada umumnya terjadi pada Januari s/d Agustus. Pemanfaatan ruang atau penggunaan lahan di Desa Amiria Bahagia  pada umumnya digunakan untuk keperluan areal perkampungan dan pemukiman penduduk, Kantor Pemerintah Kabupaten Simeulue seperti Rumah Sakit Umum, Kantor Dinas-Dinas, Bank, Pegadaian Kantor Partai Politik dan kantor-kantor swasta lainnya juga terdapat di Desa Amiria Bahagia. Guna melindungi dan melestarikan fungsi lingkungan hidup dengan tetap melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan, maka penentuan kawasan-kawasan dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa wilayah sebagaimana yang tertera pada rencana pola ruang Kabupaten Simeulue.

Untuk Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat desa perlu mengetahui sumber daya alam apa saja yang ada dan dapat dikelolah di Desa Amiria Bahagia. Berikut adalah Daftar Sumber Daya Alam Desa Amiria Bahagia dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel Daftar Sumber Daya Alam Desa Amiria Bahagia

No

Pemanfaatan Lahan

Luas (Ha)

Keterangan

1

Luas Wilayah Desa Amiria Bahagia

87

 

2

Tanah Sawah

 

 

 

1.  Irigasi Teknis

 

 

1.  Irigasi Setengah Teknis

 

 

1.  Tadah Hujan

 

3

Tanah Bukan Sawah

 

 

 

1.  Area Pemukiman

70

 

 

1.  Area Pertanian

 

 

1.  Area Perkebunan

 

 

1.  Area Pendidikan

 

 

1.  Area Pusat Pelayanan Kesehatan

3

RSUD Simeulue

 

1.  Area Rekreasi dan Olah Raga

 

 

1.  Jalan/Lorong

9

Buah

 

1.  Jembatan

 

 

1.  Gorong-gorong

12

Unit

Aspek Kesejahtaraan Ekonomi Masyarakat Desa Amiria Bahagia.

Mata pencaharian penduduk di Desa Amiria Bahagia pada umumnya yaitu Pedagang, Nelayan, Tukang Becak, Tukang Bangunan, TNI, Polri, Pekerja Swasta dan sebagian besar masih dinominasi sebagai PNS, dan tidak tertutup kemungkinan masih ada juga pengangguran sebagaimana terlihat pada Tabel berikut ini :

Tabel Jumlah Penduduk Menurut Mata Pencaharian di Desa Amiria Bahagia.

No

U r a i a n

Jumlah

Keterangan

1.

Petani

10

Musiman

2.

Perkebunan

 

3.

Peternak

2

 

4.

Nelayan

2

 

5.

Swasta

274

 

6.

PNS/TNI/POLRI

294

 

7.

Pensiunan

8

 

8.

Pertukangan

40

 

9.

Sopir

3

 

10.

Industri pengolahan Kerajinan Anyaman

 

11.

Pedagang Grosir

2

 

12.

Pedagang Eceran

15

 

13.

Warung Kopi

15

 

14.

Rumah Makan

7

 

15.

Angkutan

1

 

16.

Pergudangan

 

17.

Komunikasi

4

 

18.

Jasa

 

19.

Apotek Air Mineral

1

 

20.

Tukang jahit

 

21.

Lainya ( Gas, Listrik, Konstruksi, Perbankan, dll )

26

 

JUMLAH

702

 

KELEMBAGAAN DESA AMIRIA BAHAGIA.

Kelembagaan Desa Amiria Bahagia terdiri dari Pemerintah Desa ( Kepala Desa dan Perangkat Desa ), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat, Kerjasama Antar Desa dan Badan Usaha Milik Desa. Sistem pemerintahan Desa Amiria Bahagia berazaskan pada peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baik peraturan yang ditetapkan pemerintah Pusat maupun pemerintah Daerah disamping pola adat atau kebudayaan dan peraturan formal yang sudah bersifat umum sejak zaman dahulu, Fungsi dari kelembagaan tersebut memiliki peranan yang sangat penting dan cukup kuat dalam tatanan pemerintahan Desa, baik sebagai penasehat penetapan sebuah kebijakan ditingkat pemerintahan Desa maupun dalam memutuskan sebuah putusan hukum adat. Struktur Kelembagaan Desa Amiria Bahagia dapat dilihat pada Bagan sebagai berikut :

Struktur Pemerintahan Desa Amiria Bahagia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Organisasi BPD Amiria Bahagia

Potensi Desa Amiria Bahagia.

Desa Amiria Bahagia Kecamatan Simeulue Timur merupakan suatu Desa yang sumber pendapatan masyarakatnya bertumpu dari hasil Wirausahaan, Perikanan dan Kelautan serta sebagian besar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Desa Amiria Bahagia adalah suatu daerah pemukiman dengan jumlah penduduk 734 jiwa yang terdiri dari 336 jiwa penduduk laki-laki dan 398 jiwa penduduk dengan jenis kelamin perempuan, dengan jumlah KK (Kepala Keluarga) 160. Potensi Desa Amiria Bahagia cukup banyak, hanya saja masyarakat tidak tahu cara bagaimana mengembangkan potensi tersebut. Meskipun begitu potensi yang ada baik itu Sumber Daya Manusianya perlu terus digali dan dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat secara umum. Dalam pengembangan potensi yang ada baik itu potensi alam maupun potensi sumber daya manusia, masyarakat Desa Amiria Bahagia juga tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan., Permasalahan ini muncul dikarenakan tingkat pendidikan masyarakat yang masih sangat rendah sehingga potensi yang ada belum termanfaatkan secara optimal. Permasalahan utama yang dihadapi masyarakat Desa Amiria Bahagia adalah belum adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk peningkatan sumber pendapatan masyarakat dan fasilitas pelayanan umum untuk menunjang pengembangan perekonomian yang bertumpu pada ekonomi kerakyatan. Secara umum potensi Desa Amiria Bahagia dapat didiskripsikan dengan berbagai aspek yang secara langsung maupun tidak langsung merupakan mata rantai dari sistem kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Data potensi Desa Amiria Bahagia dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :

Tabel Potensi Desa Amiria Bahagia.

SUMBER DAYA

J E N I S

KETERANGAN

SDA

Kelautan

Dimanfaatkan

Hutan

Sungai

Gunung

SDM

Keahlian

Sebagian Aktif

Ketrampilan

Masih Aktif

PNS

Masih Aktif

Guru

Masih Aktif

EKONOMI

Perabot

Kios

Masih Aktif

Tukang

Masih Aktif

Usaha
Kecil Ibu Rumah Tangga

Masih Aktif

Nelayan

Masih Aktif

SOSIAL

Kelompok Wirid

Masih Aktif

Majelis Ta’lim

Masih Aktif

Kelompok TP PKK

Masih Aktif

Kelompok Pemuda

Masih Aktif

Posyandu

Masih Aktif

Karang Taruna

BUATAN

Jalan Desa

Masih Aktif

Jalan Lorong

Masih Aktif

Mesjid

Masih Aktif

Meunasah

Tidak Aktif

Jambatan

Drainase

Masih Aktif

Jalan Menuju Laut

Masih Aktif

Sumber : Desa dan BPS Kab. Simeulue.