Profil KUA

PROFIL KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIMEULUE TIMUR

Latar Belakang

Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat dibidang keagamaan. Secara histories, KUA adalah unit kerja Kementerian Agama yang memiliki rentang usia cukup panjang. Menurut seorang ahli dibidang ke-Islaman Karel Steenbrink, bahwa KUA Kecamatan secara kelembagaan telah ada sebelum Depertemen Agama itu sendiri ada. Pada masa kolonial, unit kerja dengan tugas dan fungsi yang sejenis dengan KUA kecamatan, telah diatur dan diurus dibawah lembaga Kantor Voor Inslanche Zaken (Kantor Urusan Pribumi) yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda. Pendirian unit kerja ini tak lain adalah untuk mengkoordinir tuntutan pelayanan masalah-masalah keperdataan yang menyangkut umat Islam yang merupakan produk pribumi. Kelembagaan ini kemudian dilanjutkan oleh pemerintah Jepang melalui lembaga sejenis dengan sebutan Shumbu. Pada masa kemerdekaan, KUA Kecamatan dikukuhkan melalui undang-undang No. 22 tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah, Talak, Cerai dan Rujuk (NTCR). Undang-undang ini diakui sebagai pijakan legal bagi berdirinya KUA kecamatan. Pada mulanya, kewenangan KUA sangat luas, meliputi bukan hanya masalah NR saja, melainkan juga masalah talak dan cerai. Dengan berlakunya UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan yang diberlakukan dengan. PP. No. 9 tahun 1975, maka kewenangan KUA kecamatan dikurangi oleh masalah talak cerai yang diserahkan ke Pengadilan Agama. Dalam perkembangan selanjutnya, maka Kepres No. 45 tahun 1974 yang disempurnakan dengan Kepres No. 30 tahun 1978, mengatur bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan sebagaian tugas Departemen Agama Kabupaten dibidang urusan Agama Islam diwilayah Kecamatan.

Sejak awal kemerdekaan Indonesia, kedudukan KUA Kecamatan memegang peranan yang sangat penting sebagai pelaksana hukum Islam, khususnya berkenaan dengan perkawinan. Peranan tersebut dapat dilihat dari acuan yang menjadi Dasar hukumnya, yaitu:

  1. UU No. 22 tahun 1946 tentang pencatatan nikah, talak dan rujuk.
  2. UU No.22 tahun 1946 yang kemudian dikukuhkan dengan UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan.
  3. Keppres No. 45 tahun 1974 tentang tugas dan fungsi KUA kecamatan yang dijabarkan dengan KMA No. 45 tahun 1981.
  4. Keputusan Menteri Agama No. 517 tahun 2001 tentang pencatatan struktur organisasi KUA kecamatan yang menangani tugas dan fungsi pencatatan perkawinan, wakaf dan kemasjidan, produk halal, keluarga sakinah, kependudukan, pembinaan haji, ibadah sosial dan kemitraan umat.
  5. Keputusan Menteri Agama RI No. 298 tahun 2003 yang mengukuhkan kembali kedudukan KUA kecamatan sebagai unit kerja Kantor Departemen Agama kabupaten / kota yang melaksanakan sebagian tugas Urusan Agama Islam.

Karena tugasnya berkenaan dengan aspek hukum dan ritual yang sangat menyentuh kehidupan keseharian masyarakat, maka tugas dan fungsi KUA kecamatan semakin hari semakin menunjukkan peningkatan kuantitas dan kualitasnya. Peningkatan ini tentunya mendorong kepala KUA sebagai pejabat yang bertanggung jawab dalam melaksanakan dan mengkoordinasikan tugas-tugas Kantor Urusan Agama Kecamatan untuk bersikap dinamis, proaktif, kreatif, mandiri, aspiratif dan berorientasi pada penegakkan peraturan yang berlaku.Untuk lebih mendorong kualitas kinerja dan sumberdaya manusia, Kanwil Kementerian Agama Prop. Aceh berupaya melakukan berbagai terobosan yang efektif yang intinya selain bersifat koordinatif, juga sekaligus evaluatif dalam pelaksanaan tugas-tugas KUA. Salah satu terobosan tersebut adalah penyelenggaraan penilaian terhadap KUA dalam bentuk kegiatan penilaian KUA percontohan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Penilaian terhadap Kantor Urusan Agama  yang diajukan dalam kegiatan tersebut, hasilnya dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk melihat sejauh mana penjabaran visi misi serta etos kerja yang telah dilaksanakan para pelaksana tugas dan fungsi KUA tersebut, maka Kementerian Agama Insya Allah memberikan warna dalam rangka mengaktualisasikan visi tersebut.

Adapun objek yang menjadi prioritas penilaian adalah menyangkut keseluruhan pelaksanaan tugas KUA kecamatan, mulai dari bidang yang bersifat fisik, maupun administrasi dan sumberdaya manusia. Dalam rangka memenuhi kriteria inilah profil KUA kecamatan Simulue Timur  Kabupaten Simeulue disusun sebagai KUA yang diberi kehormatan untuk mengikuti penilaian KUA percontohan ditingkat Propinsi

GAMBARAN UMUM KUA KECAMATAN SIMEULUE TIMUR

  1. Kondisi Objektif KUA Kecamatan Simeulue Timur

KUA kecamatan Simulue Timur merupakan salah satu dari 8 KUA Kecamatan dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue. KUA Kecamatan Simeulue Timur dibangun diatas tanah Hibah Pemerintah Daerah Tahun 1978 seluas 600.meter terletak di Desa Suka Karya Kec.Simeulue Timur. Pada saat itu Kabupaten Simeulue masih dalam bentuk Daerah Perwakilan Aceh Barat yang dipimpin seorang Perwakab (Pembantu Bupati)

Sebelum tahun 1978, KUA.Kec.Simeulue Timur bertempat di sekitar Kota Sinabang  yang Gedung kantornya masih belum menetap (berpindah pindah) dari satu   tempat ke tempat lainnya. Selanjutnya pada  tahun 1980 Pembangunan  Gedung KUA.Kec.Simeulue Timur telah didirikan di atas tanah hibah dari Pemerintah Daerah dalam bentuk bangunan semi permanen. Pada tahun 2002 terjadi musibah gempa bumi, bangunan Kantor KUA banyak yang    rusak dan dibangun Gedung kantor KUA yang sedikit permanen. Selanjutnya setelah terjadinya gempa bumi tahun 2004/2005  dan terjadinya sunami, Gedung KUA.Kecamatan Simeulue Tmur di bangun Pemerintah secara Permanen  dari Dana BRR berukuran 20 x12 m2 . Gedung itulah yang dipakai untuk melayani masyarakat dalam aktivitas kedinasan sampai saat ini.

Seiring dengan dinamika kebutuhan kantor, kepemimpinan pada KUA Kec. Simeulue Timur  telah mengalami beberapa pergantian kepala sebagai berikut:

NO

NAMA

MASA JABATAN

KET

1

2

3

4

5

6

7

8

Bapak Alm.Mak.Jam

Bapak Alm.Tgk.M.Isa Nurdin

Bapak Alm.Tgk.Ms.Alimuddin

Bapak Alm.Ibnu Usul

Bapak Drs.Yusman.MY

Bapak Drs.Alinurman

Bapak Abdul Gani,S.Ag

Bapak Drs.H. Agussalim

Di bawah tahun 1978

Tahun 1976 s/d 1979

Tahun 1980 s/d  1984

Tahun 1985 s/d 2001

Tahun 2001 s/d 2003

Tahun 2003

Tahun 2003 s/d 2006

Tahun 2006 s/d  Sekarang

Kepala KUA Kecamatan Simeulue Timur dan staf dari dulu sampai sekarang, tidak hanya berkiprah dalam mengurusi urusan pernikahan dan rujuk saja, tapi mereka diberi tugas tambahan untuk menjadi Pembina  BP.4 Kecamatan, dan melaksanakan penerangan Agama Islam di tengah masyarakat

Letak Geografis

KUA Kecamatan Simeulue Timur terletak di jalan Sinabang – Luan Balu  Desa Suka karya Kecamatan Simeulue Timur, tepatnya di pinggiran kota  Sinabang  sebelah Timur Ibu kota Kabupaten Simeulue. Adapun luas wilayah kecamatan Simeulue Timur  seluas 175,97 KM. Sumber  Pencaharian penduduk  adalah PNS/TNI/POLRI, Berdagang, Tani dan Nelayan.

Berdasarkan data monografi, wilayah KUA kecamatan Simeulue Timur terletak pada  batas wilayah sebagai berikut :

–          Sebelah Barat berbatasan dengan wilayah KUA Kec. Teluk Dalam

–          Sebelah Utara berbatasan dengan Lautan (Samudera Hindia)

–          Sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Kec.Teupah Tengah

–          Sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah Hutan Lindung

  1. Visi, Misi dan Motto Pelayanan

Visi :

Kantor Urusan Agama Kecamatan Simeulue  Timur, yaitu Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Simeulue Timur yang Sejahtera Lahir Batin, Agamis dan Tertib

Misi :

Berdasarkan visi tersebut Kantor Urusan Agama Kecamatan Simeulue Timur mengemban misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelayanan bidang organisasi dan ketatalaksanaan.
  2. Meningkatkan pelayanan teknis dan administrasi nikah dan rujuk
  3. Meningkatkan pelayanan teknis dan administrasi kependudukan dan keluarga sakinah, kemitrraan dan produk halal
  4. Meningkatkan pelayanan Teknis administrasi kemesjidan
  5. Meningkatkan pelayanan Ziz dan wakaf
  6. Meningkatkan pelayanan Informasi haji dan umrah
  7. Meningkatkan pelayanan lintas sektoral

Motto

Berdasarkan Visi dan Misi diatas maka Kantor Urusan Agama Kecamatan Simeulue Timur Mempunyai Motto sebagai berikut : “ MELAYANI DENGAN IKHLAS, BERAAMAL SAMBIL BERDAKWAH”.

Peristiwa Nikah

No

Satuan
Organisasi

Tahun

Nikah

Talak

Cerai

Rujuk

01.

Kec. Simeulue Timur

2014

2015

2016

2017

2018

160

164

144

181

 

 

1

Keadaan Penduduk dan Sosio Religiusnya.

Jumlah penduduk kecamatan Simeulue Timur pada tahun 2018 secara keseluruhan berjumlah lebih kurang 26.836 Jiwa, yang terdiri dari 4 penganut agama, 4 terdiri dari :

  1. Pemeluk Agama Islam : 26.649 jiwa
  2. Pemeluk Agama Protestan : 157 jiwa
  3. Pemeluk Agama Katolik :  7 jiwa
  4. c. Peluk Agama Budha :  23 jiwa

Ibadah Sosial

Peningkatan pembinaan zakat , infaq dan sodaqoh melalui program sosialisasi sesuai dengan undang-undang No. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat, pengumpulan dan pemberdayaan secara berkesinambungan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

  1. Realisasi Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqoh dari tahun 2017 s.d 2018

No

 

Tahun

Jumlah

Zakat

Muzzaki

Mustahiq

Dengan Beras

Dengan Uang

01

02

2017

2018

24.312

26.649

4.079

4.333

15.602

17.695

8.710

9.216

Keadaan Tanah Wakaf dan Kegunaannya.

Peningkatan pemanfaatan tanah wakaf dengan sasaran terkoordinirnya pemanfaatan tanah wakaf beserta sertifikasinya sehingga dapat dikelola secara optimal Adapun jumlah tanah wakaf seluruhnya di Kecamatan Simeulue Timur berjumlah 77 lokasi, seluas 59.016 M2. Dengan rincian sebagai berikut :

  1. Masjid : 29 lokasi,luas : 15.058,95
  2. Langgar / Musholla : 25 lokasi, luas : 18.260
  3. Sekolah / Madrasah : 2 lokasi, luas : 3.483
  4. Pemakaman : 21 lokasi, luas : 22.215

Personil dan Struktur KUA Kecamatan Simeulue Timur

Personil KUA Kec. Simeulue Timur sampai dengan April 2018 sebanyak 6  ( enam) orang Termasuk dua orang tenaga honorer. Adapun rinciannya sebagai berikut :

No

Nama / NIP

Jabatan

Pangkat Gol.
Ruang

1

Drs.H.Agussalim

NIP.196708172000031001

Kepala

Pembina

(IV/a)

2

Abdul Gani,S.Ag

NIP.196805122000121001

JFU

Penata Tk.I

 Tk.I (III/d)

3

Yusmar,SE

NIP.196805091999051002

JFU dan Bendahara

Penata muda Tk.I

(III/b)

4.

Nurlaila.M

NIP.196501121992032001

JFU

Penata Muda

(III/a)

5.

Munawir,S.Sos.I

NIP.

Operator Simkah  (Peg.Bakti)

           

6.

Rosi Riawani

NIP.       

Pramu Bakti (Peg.Bakti)

           

Struktur  Organisasi KUA Kecamatan Simeulue Timur

Kondisi Gedung KUA

Gedung Kantor Urusan Agama Kecamatan Simeulue Timur yang saat ini dibangun pada tahun 2005 dari dana BRR.

 PROGRAM KERJA KUA KECAMATAN SIMEULUE TIMUR

  1. Pokok-Pokok Program
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana kantor.
  3. Meningkatkan profesionalisme personil KUA
  4. Meningkatkan tertib administrasi
  5. Meningkatkan pelayanan dibidang kepenghuluan
  6. Meningkatkan pelayanan dibidang BP.4 dan keluarga sakinah
  7. Meningkatkan pelayanan dibidang zakat, wakaf, infaq, sodaqoh dan ibadah sosial.
  8. Meningkatkan pelayanan dibidang ibadah haji
  9. Meningkatkan pelayanan dibidang kemasjidan dan hisab ru’yah
  10. Meningkatkan pelayanan dibidang produk halal
  11. Meningkatkan pelayanan dibidang lintas sektoral

Program Unggulan

Dari beberapa program kerja yang dicanangkan KUA Kecamatan Simeulue Timur, ada tiga program ungggulan yang akan dilaksanakan kesemuanya mengarah kepada terwujudnya pelayanan prima terhadap masyarakat.

  1. Komputerisasi pelayanan nikah. Menyadari keterbatasan tenaga karyawan KUA yang kurang, sementara tugas-tigas rutin semakin banyak, maka salah satu solusi untuk memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat adalah dengan sistem komputerisasi, termasuk dalam memberikan pelayanan fatwa dan hukum.
  2. Profesionalisme personil KUA. Salah satu untuk terbentuknya karyawan yang profesional, kami memprogramkan supaya karyawan KUA Kecamatan simeulue Timur dapat mengikuti segala kegiatan yang dilaksanakan dalam masyarakat seperti, Khutbah Jumat dan Lain-lain.
  3. Akses internet. Hal ini sangat penting untuk mengikuti perkembangan arus teknologi informasi. Dengan program ini diharapkan mobilitas pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan, karena segalanya bisa diakses Jaringan Internet

Rincian Program

Bidang Profesionalisme Personil KUA :

  1. Mengusulkan tenaga penghulu dan pelaksana di KUA Kecamatan Simeulue Timur
  2. Mengikuti pemilihan KUA Percontohan teladan
  3. Membina karyawan KUA mengenai undang-Undang perkawinan

Bidang Administrasi

  1. Membuat komputerisasi data
  2. Melengkapi buku-buku administrasi KUA
  3. Menjilid daftar pemeriksaan nikah
  4. Membuat papan Struktur organisasi KUA, Grafik peristiwa nikah, Monografi KUA, data statistik KUA dan papan peta wilayah Kec. Kumai
  5. Membuat Visi Misi dan Motto KUA
  6. Mengarsipkan keluar masuk surat
  7. Membuat buku adminstrasi dan laporan keuangan
  8. Membuat standarisasi pelayanan prima terhadap masyarakat
  9. Menyimpan data melalui program website dalam rangka persiapan membuka akses internet

Bidang Kepenghuluan

  1. Menerima pendaftaran nikah dan rujuk
  2. Meneliti daftar pemeriksaan nikah
  3. Menulis buku akta nikah
  4. Memeriksa, mengawasi, dan menghadiri dan mencatat peristiwa nikah dan rujuk
  5. Mengisi formulir NB, N dan pembuatan laporannya
  6. Menulis buku akta nikah
  7. Membantu mencari fatwa hukum khususnya mengenai perkawinan dan rujuk
  8. Membuat brosur tentang persyaratan dan proses pencatatan NR
  9. Membuat laporan peristiwa nikah dan rujuk

Bidang Keluarga Sakinah

  1. Menyusun kepengurusan BP.4 Tingkat Kecamatan Simeulue Timur
  2. Menyelenggarakan bimbingan calon pengantin.
  3. Mengadakan penasihatan pada saat pernikahan jika situasi dan kondisi memungkinkan.
  4. Memberikan penasihatan kepada keluarga yang sedang mengalami krisis rumah tangga.
  5. Mendata keluarga sakinah sewilayah Kecamatan Simeulue Timur
  6. Sosialisasi program Keluarga Sakinah dalam pengajian-pengajian

Bidang Zakat, Wakaf, Infaq, Sodaqoh dan Ibadah Sosial

  1. Sosialisasi zakat, wakaf, infaq dan sodaqoh
  2. Mengumpulkan dan menyalurkan dana ZIS
  3. Mengadakan pembinaan masyarakat tentang sadar zakat
  4. Mendata tanah wakaf se-Kecamatan Simeulue Timur
  5. Membuat Akta Ikrar Wakaf
  6. Mendata tempat ibadah dan pendidikan Agama Formal dan Non Formal

Di Bidang Ibadah Haji

  1. Mendata calon jama’ah haji
  2. Mengadakan bimbingan manasik haji
  3. Melepas calon jamaah haji
  4. Mengadakan bimbingan pelestarian haji mabrur

Di Bidang Kemasjidan dan Hisab ru’yah

  1. Memberdayakan fungsi masjid
  2. Membina khotib jum’at
  3. Menyusun khuthbah Idul Fitri dan Idul Adha
  4. Memberikan pengawasan terhadap Badan Kemakmuran Mesjid
  5. Mendata Masjid se wilayah kecamatan Simeulue Timur
  6. Sosialisasi arah qiblat
  7. Membuat jadwal waktu solat

Di Bidang Produk Halal

  1. Sosialisasi produk halal
  2. Mengadakan Penyuluhan terhadap masyarakat tentang cara-cara penyembelihan hewan yang benar

Di Bidang Lintas Sektoral

  1. Bekerjasama dengan Kecamatan dibidang data kependudukan, PHBI, MTQ, sosialisasi undang-undang perkawinan, tata cara perkawinan, perwakafan dan lain-lain.
  2. Bekerjasama dengan FKUB dan BHR dan MPU dibidang kerukunan umat beragama, sosialisasi arah qiblat, penataran calon pengantin, sosialisasi zakat wakaf, sertifikasi label halal, pembinaan khotib jum’at, tata cara penyembelihan yang benar dan pembinaan mental ummat
  3. Bekerjasama dengan POLSEK tentang bahaya narkoba, sosialisasi undang-undang fornografi dan keamanan lingkungan.
  4. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan tentang kesehatan refroduksi, imunisasi calon pengantin dan Keluarga Berencana dan produk halal.
  5. Bekerjasama dengan BKMM di bidang pemakmuran dan pendataan majlis ta’lim.
  6. Bekerjasama dengan LPTQ di bidang pembinaan Qori dan Qori’ah

Pelaksanaan Program

Dalam melaksanakan tugasnya, KUA kecamatan Simeulue Timur berpedoman pada surat Keputusan Menteri Agama RI No. 18 tahun 1975, yaitu melaksanakan sebagaian tugas Kantor Kementerian Agama Kotamadya/Kabupaten pada bidang Urusan Agama Islam.

Adapun program kegiatan KUA Kecamatan Simeulue Timur yang sudah dilaksanakan Tahun 2018 meliputi :

Bidang Sarana dan Prasarana Kantor

  1. Menata ruangan Kepala, ruang arsif, ruang karyawan, ruang dapur, dan ruang nikah serta halaman kantor.
  2. Melengkapi papan data yang berhubungan dengan Tugas KUA\
  3. Melakukan pemasangan Pelaminan di Ruang Nikah untuk Catin

Bidang Profesionalisme Personil KUA

  1. Mengusulkan tenaga penghulu, karena di  KUA Kecamatan Simeulue Timur  yang mewilayahi 2 (dua) kecamatan,  penghulunya hanya 1 (satu) orang yang merangkap  kepala KUA sehingga kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang pernikahan bisa terlayani secara secara maksimal
  2. Membina karyawan KUA supaya mereka betul-betul mampu melayani masyarakat dengan pelayanan yang prima.

Bidang Administrasi

  1. Membuat komputerisasi data, melengkapi buku-buku administrasi KUA, menata dan menjilid daftar pemeriksaan nikah.
  2. Membuat dan mengisi papan Struktur organisasi KUA, grafik peristiwa nikah, monografi KUA, data statistik KUA dan papan peta wilayah Kecamatan Kumai.
  3. Membuat buku adminstrasi dan laporan keuangan
  4. Membuat Profil KUA, mengarsipkan keluar masuk surat dan merapikan tata letak arsip

Bidang Kepenghuluan

Peristiwa NR dari tahun 2014 s/d tahun 2018 sebanyak 649 peristiwa. Adapun kegiatan mengenai kepenghuluan yang sudah dilaksanakan meliputi:

  1. Menerima pendaftaran nikah dan rujuk,meneliti daftar pemeriksaan nikah ,mengisi buku akta nikah, memeriksa, mengawasi, menghadiri dan mencatat peristiwa nikah,mengisi register, buku stok, formulir NB, mengisi buku akta nikah dan buku nikah, membantu dalam mencari fatwa hukum yang ditanyakan masayarakat khususnya mengenai perkawinan, waris dan wakaf, membuat brosur tentang persyaratan dan proses pencatatan NR
  2. Membuat grafik peristiwa nikah dari tahun 2014d. 2018 dan membuat laporan peristiwa nikah dan rujuk setiap bulan.

Bidang BP.4 dan Keluarga Sakinah

  1. Menyusun kepengurusan BP.4 tingkat kecamatan Simeulue Timur, menyelenggarakan Kursus calon pengantin, memberikan penasihatan terhadap keluarga yang sedang mengalami krisis rumah tangga, mendata keluarga sakinah sewilayah Kecamatan Simeulue Timur dan sosialisasi program Keluarga Sakinah dalam pengajian-pengajian.
  2. Mengadakan pembinaan Keluarga Sakinah Teladan untuk mengikuti pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kabupaten dan Propinsi

Bidang Zakat, Wakaf, Infaq, Sodaqoh dan Ibadah Sosial

Sosialisasi zakat infaq dan sodaqoh, pembinaan masyarakat tentang sadar zakat, dan wakaf, pendataan tanah wakaf se-Kecamatan Simeulue Timur, pembuatan AIW/APAIW, pendataan tempat ibadah dan pendidikan.

Di Bidang Ibadah Haji

Mendata calon jama’ah haji se wilayah Kecamatan Simeulue Timur dan mengadakan bimbingan manasik haji

 Di Bidang Kemasjidan dan Hisab ru’yah

  1. Mendata Masjid, Membina khotib jum’at, Menyusun khuthbah Idul Fitri dan Idul Adha se wilayah Kecamatan Simeulue Timur
  2. Sosialisasi arah qiblatserta Membuat jadwal waktu sholat berdasarkan perhitungan Hisab Rukyat.

 Di Bidang produk halal

  1. Sosialisasi produk halal, mendata produksi makanan minuman dan obat-obatan
  2. Mendata tempat penyembelihan hewan dan mengadakan pembinaan terhadap masyarakattentang cara-cara penyembelihan hewan yang benar melalui pengajian-pengajian.

 Di Bidang Lintas Sektoral

  1. Kerja sama dengan Kecamatan di bidang data kependudukan, PHBI, sosialisasi undang-undang perkawinan, syarat-syarat dan tata cara pendaftaran perkawinan, perwakapan dan lain-lain melalui Rapat Koordinasi di Kecamatan
  2. Kerja sama dengan FKUB/BHR serta MPU di bidang kerukunan umat beragama, sosialisasi arah qiblat, penataran calon pengantin, sosialisasi zakat wakaf, sertifikasi tanah wakaf, pembinaan khotib jum’at, tata cara penyembelihan hewan yang benar dan pembinaan mental umat.
  3. Kerja sama dengan POLSEK tentang sosialisasi bahaya narkoba, sosialisasi undang-undang pornografi dan keamanan lingkungan.
  4. Kerja sama dengan Dinas Kesehatan tentang kesehatan reproduksi, imunisasi calon pengantin, Keluarga Berencana dan produk halal.
  5. Kerjasama dengan LPTQ di bidang pembinaan Qori dan Qori’ah. Kerjasama dengan para pengusaha di bidang pengembangan sarana dan prasarana kantor.

 Rencana Ke Depan

Semua data dan kegiatan KUA Kecamatan Simeulue Timur bisa diakses lewat internet. Tidak hanya SIMKAH online